Wisata Kepantai Angso Duo West Sumatra


Pantai Angso Duo Pariaman. Pariaman, salah satu kota ini jarang di jadikan tujuan oleh para wistawan. Rupanya kota yang berada di provinsi Sumatera Barat dan berjarak sekitar 56 km dari kota Padang atau 25 km dari Bandara Internasional Minangkabau ini memiliki keindahan pantai yang wajib anda jadikan tempat berkunjung selanjutnya. Salah satunya adalah Pantai Angso Duo.


Penasaran kenapa wajib anda berkunjung ke pantai ini?


Wisata Kepantai Angso Duo West Sumatra
                                                         
                                          
Pantai ini berada di Pulau Angso Duo yang masuk dalam wilayah Kota Pariaman.  kalau anda mau kesini mau tidak mau harus menyebrang dulu. Anda bisa menyebrang ke pulau ini melalui Pantai Gandoriah. Untuk menuju Pantai Gandoriah,anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun mau menggunakan transportasi umum yang banyak tersedia.

Kalau  anda pengen cepat dan murah tapi dapat pemandangan khas ranah Minangkabau yang berupa perbukitan, sungai, persawahan,anda bisa coba menggunakan kereta api untuk menuju pantai gandoriah. Dengan harga tiket Rp 3.000 untuk jurusan dari Stasiun Simpang Haru atau Stasiun Tabing, Kota Padang ke Stasiun Kereta Pariaman. Setelah sampai stasiun nanti anda harus berjalan lagi. Cukup berjalan kaki satu menit ke Pantai Gandoriah.


Untuk menyebrang ke Pulau Angso Duo dari Pantai Gandoriah menggunakan perahu motor selama 10-15 menit dengan biaya Rp 35.000 per orang pergi-pulang. Penyeberangan terakhir menuju Angso Duo pukul 15.00, sementara untuk pulangnya pukul 18.00.


Wisata Kepantai Angso Duo West Sumatra

Keadaan tanah pulau yang relatif datar membuat sejumlah wisatawan memilih berkeliling pulau. Ada yang menyisir pantai atau berjalan kaki lewat di tengah pulau yang didominasi vegetasi hutan dengan jenis pohon seperti aru dan kelapa.

Tak perlu takut tersesat karena di tengah hutan disediakan jalur pejalan kaki yang memudahkan wisatawan. Pasir putih Angso Duo yang bersih dan lembut saat dipijak, terasa lengkap oleh air laut jernih dan berombak kecil. Di pulau ini ada mitos bahwa jika dapat mengelilingi pulau dengan berjalan kaki kemudian berdoa, apa yang diharapkan akan terwujud.

Di kawasan hutan ini juga terdapat obyek wisata pendukung, yaitu makam berusia ratusan tahun sepanjang empat meter yang sering dikunjungi wisatawan untuk berziarah. Makam itu diyakini milik Syekh Katik Sangko (kerabat Syekh Burhanuddin, ulama penyebar Islam di Minangkabau). Nama ulama tersebut dikaitkan dengan mitos asal mula nama Pulau Angso Duo, yakni petunjuk berupa awan berbentuk angsa yang membawa sang ulama datang dan menetap ke pulau itu.

Terlepas dari mitos tersebut, Pulau Angso Duo sangat indah. Tidak hanya pasir putih dan ombak yang tenang, pulau ini juga memiliki kekayaan bawah laut yang mempesona.

Di sisi timur pulau terdapat terumbu karang seperti jenis arcopora serta biota laut seperti teripang. Terdapat juga berbagai jenis ikan hias dan karang sehingga cocok untuk wisatawan yang gemar snorkeling dan menyelam.

Bagaimana? Sudah kepengen anda pergi ke pantai ini?

0 Response to "Wisata Kepantai Angso Duo West Sumatra"

Post a Comment