Pesona Keindahan Lembah Harau Sumatra Barat



Payakumbuh merupakan salah satu kota Sumatra Barat.Disumatra barat banyak tempat wisata yg wajib anda dikunjungi salah satunya yaitu Lembah Harau.
Lembah Harau diterletak di kota Payakumbuh kabupaten lima puluh kota. tepatnya sekitar 18 km dari kota payakumbuh.
\
Lembah harau merupakan cagar alam yang memiliki luas sekitar 699 hektar dan disana terletak dua tebing batuan pasir yang tingginya mencapai 100 meter dan membentang hingga beberapa kilometer jauhnya.
 Disekitar tempat itu anda bisa melihat dan menikmati pemandagan hijau yang Mempesona udara segar sekaligus menyejukkam jiwa.
Dan tidak sampai disitu saja anda juga disuguhi hamparan sawah tebing tebing batu granit serta sejumlah air terjun yg terdapat diwilayah lembah harau.

Untuk sampai kelembah harau anda dapat mobil pribadi maupun angkutan umum.Jika menggunakan kendaraan pribadi jarak yang ditempuh cukup lama. Dari Padang, Anda harus menempuh sekitar 4 jam, Dari Bukittinggi memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.Dari Payakumbuh, Menempuh waktu sekitar 30 menit.Jika menggunakan kendaraan umum disini ada angkot,ojek,dan bendi atau delman. Anda dapat naik angkot dari Terminal Sago yang menuju Harau.

Selain alam hijau yang menyelimuti wilayah ini, Lembah Harau juga menawarkan daya lain berupa air terjun, Air terjun yang indah dan mempesona. Diantaranya adalah air terjun akar berayun,air terjun sarasa bunta,air terjun sarasaa murai dan air terjun sarasa luluih.

Dibawah ini merupakan salah satu Air Terjun yang terdapat wilayah Lembah Harau :




Daya tarik objek wisata Lembah Harau ini adalah keindahan air terjunnya, Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 300 meter dengan derajat kemiringan mencapai 90 derajat. Dibawah Air terjun itu terdapat kolam pemandian tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk berenang. Air Terjunnya sangat dingin jernih. Dan Ramai dikunjungi Masyarakat ataupun orang dari luar daerah .Apalagi sinar mataharinya juga tidak menyengat sehingga udara disini terasa sejuk dan alami.

Di sekitar air terjun, terdapat beberapa gazebo sebagai tempat bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yg anda bawa. Selain air terjun,dikawasan lembah harau juga terdapat Cagar Alam Suaka Margasatwa, Terdapat juga beberapa spesies hewan langka seperti monyet ekor panjang dan harimau sumatra dan Juga terdapat pula berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis.

Bagi anda yang  masih ingin menghabiskan waktu lebih lama menikmati keindahan dan pesona lembah harau, Dikawasan ini juga tersedia fasilitas berupa penginapan atau homestay. Sedangkan Resort Rimbo Piobang masih dalam rencana pengembangan untuk dijadikan Taman Safari Sumatra.B


0 Response to "Pesona Keindahan Lembah Harau Sumatra Barat"

Post a Comment