Mengenal Lebih Dekat Tempat Wisata Danau Singkarak


Danau singkarak terbentang luas dan secara administratif masuk dalam dua wilayah di Sumatera Barat, yaitu Solok dan Tanah Datar. Dengan luas sekitar 1.000 hektar, danau ini menjadi terluas kedua di Sumatera setelah Danau toba.

Danau dengan kedalaman 268 meter dan berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut ini termasuk dalam jenis danau tektonik karena diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi.

danau singkarak
Danau singkarak

Danau ini memliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 milimeter per bulan.
Sebuah peninggalan sejarah penting yang diduga berkaitan dengan sejarah Minangkabau dan Pagaruyuang terbenam di dalam Danau Singkarak. Belum ada laporan upaya penelitian dengan melakukan penyelaman sejak informasi ini dibuka pada 1970.

danau singkarak
Tour de singkarak
                                       
Danau Singkarak juga menjadi bagian dari Tour de Singkarak, sebuah event balap sepeda tingkat Internasional yang rutin diselenggarakan tiap tahun. Tour de Singkarak didukung oleh Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Amaury Sport Organisation, penyelenggara event serupa di Perancis, Tour de France.

Tour de Singkarak tak hanya sekedar lomba balap sepeda dijalan raya, tapi juga pengenalan budaya dan keindahan alam Sumatera Barat. Sepanjang perjalanan yang harus ditempuh, peserta juga menikmati pesona pemandangan keberagaman budaya Minang dan juga keindahan alam Sumatera Barat.

Pada awalnya, Tour de Singkarak dimulai garis start dikota Padang dan berakhir di Dermaga Danau Singkarak. Kemudian sejak tahun 2012, garis start dimulai dari Sawahlunto, sebuah kota tua bersejarah di Sumatera Barat dan berakhir dikota Padang. 

Meskipun tak lagi menjadi lokasi garis finish, Danau Singkarak masih menjadi bagian dari Tour de Singkarak bersama dengan Danau Maninjau dan tempat wisata yang eksotis lainnya yang ada di Sumatera Barat.


0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Tempat Wisata Danau Singkarak"

Post a Comment